INDONESIA
ENGLISH

Presiden Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Ibu Ke 86

Reporter : Candra | Kategori:Profile | Dibaca:1466 kali

Foto | Istimewa | dCentronews.com

Dcentronews - Jakarta

Presiden Joko Widodo memulai kegiatan pertamanya, Senin (22/12), dengan menghadiri puncak peringatan Hari Ibu Ke-86 yang dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta.

Acara yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu ditujukan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Tema acara peringatan Hari Ibu kali ini adalah "Kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju Indonesia berdaulat, mandiri, dan berkepribadian".

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak yang juga hadir bersama rombongan presiden mengatakan, "Peringatan Hari Ibu, selain dimaksudkan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam merebut kemerdekaan, juga dimaksudkan untuk mempertebal tekad dan keyakinan bangsa Indonesia untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan". Yohana Yambise berharap, peringatan Hari Ibu mampu mendorong dan meningkatkan peran perempuan bersama laki-laki dalam mengisi kemerdekaan.

Hadir dalam pelaksanaan hari Ibu ini adalah para menteri di Kabinet Kerja, seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Pelaksanaan Hari Ibu ini didukung oleh enam organisasi perempuan, seperti Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase), Dharma Pertiwi, Kowani, Bhayangkara, Dharma Wanita Persatuan, dan PKK pusat serta kementerian atau lembaga terkait. Sebelum puncak perayaan hari ini, sejumlah kegiatan juga telah dilakukan untuk memperingati Hari Ibu, seperti pameran Katumbiri Expo, yang melibatkan para perempuan pelaku usaha, talk show Mengenal Lebih Dekat Program Prioritas Kabinet Kerja Nawacita, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan penghargaan pembangunan pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan, dan anak.