INDONESIA
ENGLISH

Hati-hati, 7 Gaya Hidup Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuh

Reporter : Agus Budi c | Kategori:Gaya Hidup | Dibaca:309 kali

Foto | Istimewa | dCentronews.com

Dcentronews - Jakarta

Tubuh manusia melakukan metabolisme sepanjang waktu. Metabolisme ini merupakan proses pertukaran zat kimiawi yang terjadi dalam tubuh setiap manusia, yang dibutuhkan dalam proses untuk bertahan hidup.

Nah, metabolisme pada tubuh manusia berkaitan erat dengan gaya hidupnya. Jika gaya hidup seseorang tidak seimbang, maka ini bisa merusak metabolisme tubuhnya. Berikut ini 7 gaya hidup yang dapat merusak metabolisme tubuh, seperti dilansir dari Menís Health:

Makan tidak teratur

Kita beraktivitas setiap hari. Tubuh membutuhkan kalori untuk mendukung kelancaran beraktivitas. Adanya kalori dipengaruhi dari asupan makanan yang dikonsumsi. Jika waktu makan tidak teratur, maka yang akan terjadi adalah tubuh mengambil sumber bahan makanan dari jaringan otot. Hal ini jelas bisa merusak proses metabolisme tubuh.

Kurang tidur

Jika kamu menderita insomnia pada level apa pun, hati-hati ya. Gaya hidup tersebut jelas menguras waktu tidur dan istirahat kamu. Akibatnya, metabolisme tubuh dapat mengalami gangguan. Hal tersebut juga mempengaruhi stamina dan daya tahan tubuh serta gairah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kurang minum air putih

Tubuh manusia membutuhkan cairan untuk memperlancar proses metabolisme. Untuk itu, mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari adalah satu gaya hidup yang mesti dibiasakan. Jika kurang mengonsumsi air putih, bisa menyebabkan metabolisme tubuh terganggu.

Duduk terlalu lama

Duduk dalam waktu lama juga bisa berdampak kurang baik bagi tubuh lho, dan juga bisa mengganggu proses metabolisme. Lakukan ritme kecil berjalan agar tidak selalu terpaku pada posisi duduk yang lama.

Konsumsi kafein berlebihan

Kafein merupakan zat stimulan yang dapat meningkatkan daya metabolisme pada tubuh, dan memiliki beragam manfaat lainnya. Namun, mengonsumsi kafein secara berlebihan malah dapat merusak metabolisme tubuh. Untuk itu, konsumsilah kafein secukupnya.

Mengabaikan asupan nutrisi

Tubuh memerlukan asupan nutrisi berupa vitamin dan zat-zat lain. Asupan nutrisi tersebut didapatkan melalui bahan makanan seperti, sayur, buah, dan lauk. Kadar vitamin dan zat-zat lain yang berperan mesti seimbang pemenuhannya agar tidak merusak proses metabolisme tubuh.

Jarang berolahraga

Berolahraga merupakan satu gaya hidup yang baik untuk dilakukan. Berolahraga merupakan wujud nyata tubuh untuk membakar kalori. Jika tidak rajin berolahraga, maka proses metabolisme tubuh kamu bisa terganggu.