INDONESIA
ENGLISH

FSI: Kepemimpinan Petahana Bisa Picu Konflik Horizontal

Reporter : M E Filona | Kategori:Polhukam | Dibaca:168 kali

Foto | Istimewa | dCentronews.com

Dcentronews - Jakarta


Suhu politik di Jakarta jelang Pilgub DKI 2017 yang kian memanas. Jika tidak bisa menahan diri, maka dapat memicu kerusuhan horizontal antar sesama warga Ibu Kota. Bisa jadi dapat memicu terjadinya kerusuhan antara etnis seperti pada masa lalu.


"Jika ini terus berlanjut bukan tidak mustahil konflik antar etnis seperti yang pernah terjadi di masa lalu terjadi kembali,” ujar Panglima Forum Syuhada Indonesia (FSI) Diko Nugraha di Menteng Jakarta Pusat, Senin (13/2).

Analisa Diko berdasarkan pada memanasnya pergesekan di tengah-tengah masyarakat jelang Pilgub serta meningkatnya sentimen antara umat beragama di Jakarta.

Kemungkinan itu semakin menguat setelah Ahok sebagai salah satu kandidat Gubernur DKI kerap melontarkan statemen kontrioversial mengenai Agama Islam dan Ulama.

“Dia (Ahok) yang membuat keadaan semakin parah dengan ucapan-ucapannya yang melukai perasaan umat Islam, seperti menafsirkan Al Ma’idah ayat 51 dan ucapannya yang tidak sopan kepada Ketua MUI dan Rais Aam PBNU,” ujar Diko.

Sebagai antisipasi, Diko beserta anggotanya membagikan puluhan ribu stiker bertuliskan “Pribumi” di sejumlah kawasan di Jakarta, sebagai antisipasi kerusuhan yang mungkin terjadi akibat dari memanasnya suhu politik seputar Pilkada DKI pada 15 Februari mendatang.