INDONESIA
ENGLISH

Viral, Cara Salah Wanita Pegang Stang Motor

Reporter : Redaksi | Kategori:Gaya Hidup | Dibaca:191 kali

Foto | Istimewa | dCentronews.com

Dcentronews - Jakarta

Salah satu fungsi sosial media saat ini adalah mengungkapkan keluh kesah atau pendapat. Seperti salah satu pengguna Facebook yang mengungkapkan ketakutannya melihat pengendara motor, terutama wanita, yang berkendara dengan menggenggam tuas kemudi terbalik.

"WARNING!! Pokok nya kalau lu liat cewe ngendarain motor dengan posisi tangan seperti di gambar (sumber kaskus) mending lu jauhin / jaga jarak aman minimal 100 meter terlebih kalau udah kombinasi nya dia pakai jaket / sweater posisi nylampir dari depan & cuma nutupin lengan - lu ga usah pikir panjang langsung menjauh 200 meter.." ucap pengguna Facebook tersebut dalam postingannya.

Menurut Muhammad Yunus, praktisi keselamatan berkendara, fenomena ini terjadi karena ketidakpahaman terutama mengenai keselamatan berkendara yang baik dan benar.
“Memang banyak ditemui pengendara wanita riding gripnya sembarangan. Termasuk pakai jaket atau sweeter dibalik. Maksudnya agar mudah, santai dan bergaya,” ucap Yunus saat dihubungi Senin (7/3/2017).

Posisi tangan terbalik seperti yang ditunjukkan lebih pada kekhawatiran kulit tangan terkena panas matahari. Padahal untuk menangani hal seperti itu bisa menggunakan sarung tangan.
Di sisi lain, posisi menggenggam terbalik membuat pengendalian terhadap sepeda motor berkurang. Terutama saat terjadi kondisi dimana membutuhkan reaksi cepat.
“Akibatnya fatal, bisa kecelakaan atau tergelincir. Ini karena posisinya tidak memiliki kekuatan mengontrol kendaraan dengan baik,” ucap Yunus.