INDONESIA
ENGLISH

KTP Palsu Sangat Mudah Dipolitisir Jelang Pilgub

Reporter : Redaksi | Kategori:Metropolitan | Dibaca:143 kali

Foto | Istimewa | dCentronews.com

Dcentronews - Jakarta

JAKARTA - Masalah KTP palsu yang sudah banyak beredar di tanah air mendapat tanggapan serius dari Forum Syuhada Indonesia (FSI) walaupun keberadaan KTP palsu masih simpang siur. FSI menyebut kejadian itu sangat mudah dipolitisir menjelang pencoblosan Pilgub DKI Jakarta pada 15 Februari.

"Kasus KTP ini bisa jadi sumber banyak masalah, termasuk bisa dipakai untuk pemilihan Pilgub Jakarta sekarang," ujar Diko Nugraha, Panglima FSI kepada wartawan di Menteng Jakarta Pusat, Senin (13/1/2017) kemarin.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakhrullah menjelaskan soal temuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan terkait 36 cetakan e-KTP yang dikirim ke Indonesia dari Kamboja pada Jumat (3/2/2017) lalu.

e-KTP tersebut menggunakan blangko asli, namun sudah bekas pakai atau blangko e-KTP yang sudah tidak terpakai. Menurut Zudan, pelaku mencetak secara manual halaman depan blangko e-KTP, kemudian menempelkannya pada blangko e-KTP bekas tersebut.