INDONESIA
ENGLISH

Harapan Bamus Betawi kepada Pemerintahan Pengganti Ahok

Reporter : Redaksi | Kategori:Metropolitan | Dibaca:122 kali

Foto | Istimewa | dCentronews.com

Dcentronews - Jakarta


Ketua Bamus Betawi Zainudin atau Oding menyimpan harapan terhadap pemerintahan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Jakarta nanti.

Oding berharap, pemerintahan pengganti Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat ini lebih perhatian kepada budaya Betawi.

"Sehingga beberapa tahun ke depan, Betawi ini benar-benar menjadi tuan rumah dan mewarnai Jakarta dan kita jadikan pembangunan Jakarta ini rasa Betawi," ujar Oding di kawasan Pasar Minggu, Minggu (11/6/2017).

Oding berharap nantinya ada museum Betawi dan gedung kesenian khusus budaya Betawi. Dia juga berharap pengembangan Setu Babakan terus dilakukan.

"Kita harapkan nanti gedung keseniannya dibangun, pusat jajanan oleh-oleh dibangun, jadi benar-benar Jakarta ini rasa Betawi," ujar Oding.

Oding juga berterima kasih kepada Ahok dan Djarot. Menurutnya, pemerintahan Ahok-Djarot telah berhasil memberi kepastian hukum tentang pelestarian budaya Betawi, merujuk pada aturan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 229 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Pergub ini merupakan turunan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Juga Pergub Nomor 11 tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi.

"Kita berterima kasih kepada pemerintahan Pak Ahok dan Pak Djarot yang telah meletakkan dasar yang sangat fundamental terhadap budaya Betawi di ibu kota," ujar Oding.

"Kita harapkan gubernur dan wagub terpilih jauh lebih baik. Jangan lebih jelek perhatiannya kepada budaya Betawi," tambah dia.